//
you're reading...
Joyful Teaching

Metode Joyful > Materi Pelajaran

Joyful Teaching adalah metode pengajaran yang menyenangkan oleh guru yang menyenangkan, yang membuat pelajar senang belajar.

Prinsip utama dalam menerapkan pembelajaran yang Joyful Teaching yaitu:

Guru senang mengajar

Siswa senang belajar

Suasana belajar-mengajar menyenangkan

Belajar bisa dimana saja, kapan saja, dengan cara bagaimana saja

Segala sesuatu memiliki pengaruh dalam menciptakan kesenangan belajar

 

Hakikat mengajar bukanlah bagaimana  memberikan materi sebanyak-banyaknya kepada anak, namun menciptakan suasana lingkungan agar anak tertarik untuk belajar (DePorter,1999)

                                                      
Lantas darimana  KETERTARIKAN & KESENANGAN itu dimulai?

Semua kesenangan dimulai dari diri Guru, dari Pikiran Guru. Karena hanya Guru yang memiliki pikiran yang menyenangkan yang akan mengeluarkan gaya mengajar yang menyenangkan, yang selalu berusaha menciptakan ruangan kelas yang menyenangkan meskipun hanya memiliki  fasilitas pembelajaran yang sederhana dan “pas-pasan”.

Perilaku menyenangkan ini akan menular seperti virus computer, cepat menyerang ke hati para siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan akhirnya senang belajar.

Kalau hal ini sudah tercipta… maka bisa dipastikan siswa akan belajar dengan jiwa yang senang, pelajaran yang kita sampaikan akan dengan mudah dipahami atau dihafalkan mereka. Belajar bagaikan makan bakso atau minum es campur di kantin sekolah, siswa menjadi doyan belajar.

Mereka para siswa akan belajar dimana saja, kapan saja, dalam kondisi apa saja, dan bertanya kepada siapa saja. Tidak cukup waktu luang yang mereka miliki untuk memenuhi hasrat belajar yang menggebu tersebut.

Kalau ini terjadi.. betapa ringannya tugas guru yang mengajar. Tidak perlu mengajarkan semuanya, cukup menfasilitasi kecanduan belajar siswa ini dan menambahkan informasi yang sekiranya masih kurang atau memberi penjelasan yang lebih luas lagi. Guru yang Menyenangkan menjadi magnet bagi pikiran dan jiwa siswa untuk Senang Belajar.

 

Sesuai dengan sebuah kata hikmah yang cukup terkenal di dunia pendidikan pesantren:

 

Metode lebih penting dari materi pelajaran

Guru lebih penting dari metode pengajaran

Jiwa seorang Guru lebih penting dari semuanya

 

Bukankah ini tujuan dari metode Quantum Teaching, Accelerated Learning, Contextual Teaching & Learning, Hypnoteaching ataupun Neuro Linguistik Programming yang digunanakan dalam dunia pendidikan?….

Maka, menjadi tugas pokok bagi seorang guru untuk selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, yang dirindukan oleh siswa, dan yang mengobati kegalauan suasana hati mereka di luar kelas.

 

Guru Sukses

Adalah mereka yang terus berusaha mencapai keinginan mulia: apa yang diajarkan memberi pengaruh pada kehidupan siswa sekarang dan yang akan dating.

 

Guru Gagal

Menyerah dan keluar dari profesi guru

Menyerah, tapi masih menjadi guru yang kurang kreatif dan mengajar seadanya

 

Tantangan dan pokok bahasan pertama dalam ilmu Joyful Teaching adalam bagaimana Membangun karakter Guru yang menyenangkan, sehingga siswa akan merasa rugi kalau tidak mengikuti pelajaran dan sayang untuk membolos atau melewatkan kesempatan meskipun dirinya sedang sakit.

Tantangan dan pokok bahasan kedua ilmu Joyful Teaching adalah bagaimana Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa larut dan tahan focus berjam-jam untuk mengikuti pelajaran.

Tantangan dan pokok bahasan ketiga ilmu Joyful Teaching adalah bagaimana Menyampaikan pelajaran dengan cara yang menyenangkan kepada siswa sesuai dengan gaya belajar mereka.

 

shareSeriale Online

About schooltrainingcourses

SCHOOL Training Courses untuk siswa, TRAINING Outbound, TRAINING Indoor, School Training COURSES untuk guru, SCHOOL Training Courses untuk Orang Tua, program pelatihan untuk guru, pelatihan untuk siswa, pelatihan untuk orang tua, joyful teaching, joyful life and learning, spiritual motivationa, character building based on outbound training, TOT outbound training for teacher, Training of Trainer

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: